Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka di Insan Cendekia Boarding School+

ICBS (Insan Cendekia Boarding School) menerapkan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu sekolah. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan kebebasan kepada guru dalam menentukan materi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka memiliki tiga aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Dalam perencanaan, guru harus memahami karakteristik siswa dan menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, guru juga harus menentukan metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami materi dengan baik.
Dalam pelaksanaan, guru harus mampu mengelola kelas dengan baik dan memfasilitasi siswa dalam belajar. Guru juga harus mampu memotivasi siswa agar mereka tertarik dalam belajar.
Dalam evaluasi, guru harus mampu mengevaluasi hasil belajar siswa secara objektif dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Evaluasi juga harus dilakukan secara berkala agar guru dapat mengetahui perkembangan siswa dalam belajar.
Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 5 – 7 juli 2023, diisi oleh narasumber Dr. Dasril, M.Pd , kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan Drs. Armi, M.M, Koordinator Pengawas Pendidikan yang bertempat di Aula ICBS Harau. pada kesempatan ini beliau menyampikan bahwa “guru haruslah memahami kerangka besar kurikulum merdeka dalam melaksanakan proses pembelajaran karena akan mempengaruhi mutu pembelajaran dan mutu sekolah, ujarnya.
Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, ICBS telah menerapkan beberapa strategi, seperti penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pengembangan kurikulum yang inovatif, dan pelatihan guru secara berkala. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Dalam era digital seperti sekarang, Kurikulum Merdeka menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan memberikan kebebasan kepada guru dalam menentukan materi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, diharapkan siswa dapat lebih tertarik dalam belajar dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik.



