Kegiatan P5 di ICBS Payakumbuh: Menumbuhkan Karakter, Membentuk Pemimpin Masa Depan

Payakumbuh, Juni 2025 – Dalam rangka menguatkan nilai-nilai karakter dan budaya kebangsaan pada siswa, Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh secara konsisten melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini menjadi salah satu bagian penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran kontekstual dan berbasis proyek
P5 merupakan kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang dirancang untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari para siswa. Di ICBS, P5 dilaksanakan melalui berbagai aktivitas kolaboratif, kreatif, dan aplikatif, antara lain:
- Proyek kewirausahaan santri (membuat produk halal)
 - Program pelestarian lingkungan pesantren (eco-pesantren)
 - Simulasi Musyawarah Santri (menanamkan demokrasi)
 - Pameran budaya daerah dan nasional
 - Kegiatan literasi dan refleksi nilai keagamaan dalam kehidupan bernegara
 
Tema-tema P5 dipilih secara bergilir seperti: “Bangunlah Jiwa dan Raganya”, “Gaya Hidup Berkelanjutan”, “Kebhinekaan Global”, dan “Suara Demokrasi”.
P5 dilaksanakan secara berkala setiap semester dengan rentang waktu tertentu, sesuai tema yang diangkat.
- Durasi setiap proyek: 4–6 minggu
 - Penjadwalan disesuaikan dengan kalender akademik dan tema pembelajaran
 
Pada semester ini, P5 digelar selama bulan April–Juni 2025, dengan puncak kegiatan berupa Pameran Hasil Proyek pada tanggal 14 Juni 2025
Seluruh kegiatan P5 terpusat di lingkungan kampus ICBS Payakumbuh, termasuk:
- Kelas tematik P5
 - Ruang prakarya dan multimedia
 - Lapangan sekolah dan area kebun santri
 - Aula utama untuk presentasi dan pameran
 
Lokasi-lokasi tersebut dirancang untuk mendukung pembelajaran berbasis pengalaman nyata (experiential learning) dan kerja tim.
P5 dirancang sebagai upaya membentuk profil pelajar Pancasila yang beriman, berkebinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong-royong, dan kreatif.
Bagi ICBS, kegiatan ini sejalan dengan visi sekolah: mencetak insan cendekia yang unggul dalam ilmu, iman, dan karakter.
Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ustazah Fitria Rahma, S.Pd,
“Melalui P5, siswa belajar menjadi bagian dari solusi, bukan hanya penonton. Mereka belajar kepemimpinan, tanggung jawab, dan kolaborasi — inilah ruh dari pembelajaran abad 21 yang Islami dan berkarakter.”
Kegiatan P5 dilaksanakan melalui enam tahap utama:
- Perencanaan Tema & Proyek – guru merancang modul dan memilih tema kontekstual
 - Penggalian Isu dan Observasi – siswa melakukan riset sederhana dan diskusi
 - Perancangan Solusi – siswa menyusun rencana aksi dan membagi peran
 - Aksi Nyata – implementasi proyek di lingkungan sekolah dan sekitarnya
 - Refleksi & Evaluasi – siswa dan guru mengevaluasi proses dan hasil kerja
 - Showcase/Pameran – hasil proyek ditampilkan dalam event terbuka
 
Kegiatan P5 di ICBS Payakumbuh menjadi bukti nyata bahwa pendidikan karakter tidak hanya diajarkan di kelas, tetapi ditanamkan melalui pengalaman langsung. Dengan semangat gotong-royong, kreativitas, dan nilai keislaman, para santri ICBS dibentuk menjadi generasi pelajar Pancasila yang berakhlak, adaptif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
